Masyarakat Papua

Suara-suara di Papua
Negara
PAPUA (INDONESIA)
Populasi
2.2 Juta didalam 312 bahasa
Masyarakat Papua  
Laki-laki dari suku korowai dan anaknya
           

Papua barat merupakan setengah dari Pulau Neuguniea dan termasuk kedalam Indonesia. Diatas Tanah ini dikuasai oleh  budaya yang besar dan luar biasa juga berbagai macam bahasa. Disini hidup 0.02 %  penduduk bumi dan 15% bahasa di Dunia yang di bicarakan.

Bagaimana mereka hidup ?
Papua barat adalah tanah bagi 312 orang dari berbagai suku termasuk juga masyarakt dihutan yang yang tidak mendapat ruang kontak dengan dunia luar.
Daerah gunung di dalam Papua barat adalah tempat bagi penduduk yang mendiami daerah gunung  dan mereka  juga berternak babi dan menanam petatas. Masayarakat yang hidup di derah lembah di rawa-rawa  dan mengalami gangguan penyakit  Malaria di daerah pantai. Mereka berburu  apa saja yang ada di hutan dan juga sebagai pengumpul .
ibu-ibu dan anak-anak dari suku Kombai membawa kayu api dan makanan  dan
pulang ke rumah setelah mereka mengumpulkanya dari hutan-hutan


Text Box: Ibu-ibu dan anak-anak dari suku Kombai kembali dengan Kayu bakar dan makan
ke rumah yang mereka kumpulkan dari hutan-hutan


Masalah-masalah apa yang apa yang mereka hadapi ?
Semua masyakarat Papua  barat mengalami  penderitaan yang sangat pahit di bawah kedudukan Indonesia sejak tahun 1963 yang sedang berlangsung.
Tentara Indonesia dikenal karena pelanggaran Ham pada penduduk di Papua barat dan menampilkan sebagian besar sikap rasis mereka yang mereka pandang orang papua sebagai mana tidak lebih dari binatang.
Kekayaan alam di Papua barat dengan keuntungan besar untuk Indonesia  dan Perusahan Perusahan asil yang mempunyai modal untuk itu. Meskipun itu adalah anaugarah bagi masyarakat dari Papua barat.
ketika perusahan-perusahan berskala internasional ke West Papua mereka mengantar militer Indonesia masuk untuk melindungi project Penting mereka. Dengan Militer banyak membawa kasus HAM seperti pembunuhan dan penangkapan sewenang-wenang, kekerasan-kekerasan dan penyiksaan ke daerah-daerah.

 
Orang papua di intimidasi oleh tentara indonesia



Setiap orang Papua yang melawan pemerintah Indonesia, militer atau project penting  kemungkinan besar sekali teracam HAM.

Bagaimana sulvial membantu ?
Survival menampilka keadialan untuk masyarakat Papua barat kedalam hidup kedamaian di atas tanah mereka . Survival menyikapi HAM dan melawam itu dan melauncing kampanye untuk keadilan dari orang Papua di atas tanah asal mereka.
Kami melindungi perlawanan orang papua yang menentang Projekt yang menyambungkan mereka dan tanah mereka oleh kerusakan. Jadi misalnya pada instansi pengeditan paper yang berencana dibangun di perusahan Scott Papier diatas tanah Auyu. Rencana ini diberhentikan oleh protes internasional.
Survival meminta pemerintah Indonesia untuk masuk didalam sebuah dialog dengan Masyarakar dari papua barat . Agar mereka dapat menentukan cara hidup mereka dan masa depan mereka

Apa yang saya lakukan ?
Ada kemunkinan untuk membantu. Mereka biasa menulis sebuah surat untuk orang Papua atau untuk kerja kami dengan dukungan sumbangan uang. (Grenville Charles)

Source (stammen): http://www.survivalinternational.de/indigene/papua
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : SAVE THE ENVIROMENT OF WEST PAPUA | INFO PAPUA | KNPB NEWS
Copyright © 2011. PAPUA TO OUR WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Mr.YOGIX FWP Published by AGUSTINUS GIYAI
Proudly powered by Blogger